Macam-Macam Delay Pada Jaringan






Asik setelah sekian lama gak apdet blog akhirnya sempet juga buat nulis lagi :) Tapi kali ini ane gak bakal bahas tips and trick yang berhubungan dengan dunia gadget. Tapi sebenernya kalo mau disambung-sambungin ya nyambung sih tapi jauh haha. Kali ini kebetulan ane dapet tugas dari dosen ane yang kebetulan mengajar matakuliah Jaringan Komputer, jadi ane di tugasin buat nyari macem macem jenis delay pada jaringan tapi tugasnya ditulisnya di entri ane kali ini. Antimainstream kan tugasnya haha. Semoga aja tugas ane yang ini bermanfaat buat yang baca, ya paling gak buat adek kelas ane yang kedapetan dosen yang sama di tahun yang akan datang lah haha.


Langsung aja ya, jadi semuanya kayanya gak asing lagi deh sama kata "delay"? ya kan? Di bandara, di stasiun, di terminal paling sering tuh denger yang namanya "delay". Dan paling benci juga kalo denger yang namanya "delay" ditempat tersebutkan? Iyap tepat sekali! Delay itu artinya tunda. Nah kalo di dalam jaringan "delay" itu maksudnya adalah waktu tunda yang diakibatkan oleh proses transmisi dari satu titik ke titik lain yang menjadi tujuannya / destinasinya. Delay dalam jaringan TCP/IP dapat digolongkan sebagai berikut:

a. Packetization Delay
Diliat dari namanya aja "Packetization" pasti maksudnya ada tentang paket paketnya lah haha. Iya lebih tepatnya delay yang satu ini adalah delay disebabkan oleh waktu yang dibutuhkan proses pembentukan paket IP dari infomasi user. Delay ini hanya terjadi sekali, yaitu di source informasi.

b. Queuing Delay
Lagi lagi kita liat aja dari artinya juga "Queue" haha. Kalo di matakuliah algoritma struktur data "Queue" itu artinya antrian. Nah maksud dari delay yang satu ini adalah delay disebabkan oleh waktu proses yang diperlukan oleh router didalam menangani antrian transmisi paket di sepanjang jaringan. Umumnya delay ini sangat kecil , kurang lebih 100 micro second.

c. Delay Propagasi
Jujur aja kalo ane disuruh ngeliat dari artinya lagi ane gak tau artinya apaan hahaha. Udah ane cari juga di gugel artinya apaan tetep aja gak tau. Daripada berlama lama langsung aja ya ane copas dari blog orang (klik sini kalo mau mampir ke blognya). Jadi maksud dari delay propagasi adalah Proses perjalanan informasi selama didalam media transmisi, misalnya SDH, coax atau tembaga, menyebabkan delay yang disebut dengan delay propagasi.

d. Transmission Delay
Oke kita liat lagi dari artinya ya haha. Transmission itu kalo di kamus artinya 1. pengiriman, 2. penyebaran, 3. penjangkitan dan bla bla haha. Pokonya gitu deh artinya ada pengiriman pengerimannya gitu. Nah maksudnya Transmission Delay adalah waktu yang diperlukan dalam pengiriman sebuah paket data untuk melintasi suatu media. Transmission delay ditentukan oleh kecepatan media dan besar paket data.

e. Processing delay
Yah kali ini ane yakin lah temen temen semua pasti tau apa arti dari "Processeing". Langsung aja Processing delay adalah waktu yang diperlukan oleh suatu perangkat jaringan dalam melaksanakan prosesnya. Proses apa? yaitu proses untuk melihat rute, mengubah header, dan tugas switching lainnya.

Oke sekian macam-macam delay pada jaringan yang ane liat dari blog tetangga haha. Semoga bisa bermanfaat buat siapapun yang baca tulisan ini. Mohon maaf apabila ada kekuranga, wassalam...





Share on Google Plus

About Muhammad Zaid Dzulfikar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

1 comment: