Bukan rahasia umum lagi jika hampir setiap orang di dunia
saat ini selalu terhubung dengan jaringan internet. Hampir seluruh aktivitas
manusia saat ini dapat dilakukan di dunia maya. Mulai dari berbelanja bulanan
sampai ngomongin orang yang biasanya dilakukan di pos ronda.
Ini juga tak lepas oleh perkembangan teknologi pada bidang
smartphone yang semakin berkembang
pesat. Kini pun sudah tak sulit lagi untuk membeli suatu smartphone, sudah banyak cara untuk membelinya mulai dari dengan membayar sekali alias tunai, sampai
membayar 12 kali sampai bela-belain ngga
makan nasi. Tak pandang brand asal bisa keliatan keren.
Perkembangan teknologi yang pesat memang mempermudah akses
manusia untuk berinternetria. Namun segala kemudahan dan kemajuan zaman ini
akan sangat terasa amat mubadzir jika
tidak dimanfaatkan dengan baik. Oleh karena itu pada postingan kali ini kami
akan membahas salah satu manfaat dari blog, yaitu peranan blog sebagai penyumbang
konten marketing.
Sebelumnya perlu anda ketahui terlebih dahulu apa yang di
maksud dengan konten marketing. Konten marketing adalah strategi pemasaran yang
di dalamnya terdapat cara bagaimana kita untuk merencanakan, membuat,
mendistribusikan sesuatu agar dapat menarik seseorang yang tepat sasaran dan
kemudian mendorong orang tersebut untuk menjadi customer.
Sebenarnya blog dapat dijadikan
sebagai alternatif konten marketing. Karena iklan dan promosi sudah terlalu
mainstream, cenderung mengganggu, dan tidak bermanfaat. Bagaimana tidak? Misalnya
kita sedang asyik-asyiknya menonton video di youtube tiba-tiba iklan datang dan
mengganggu aktifitas kita, atau misalnya saat kita sedang asyik asyik browsing atau blogging tiba-tiba muncul pop up window yang berisikan iklan yang menutupi sebagian atau bahkan seluruh konten yang sedang kita baca, mengganggu bukan? Bukan hanya mengganggu namun juga
merugikan, karena iklan-iklan yang kita akses bukannya tanpa biaya. Semua itu menyedot kuota internet apabila anda
menggunakan provider internet yang berkuota. Selain itu blog juga tak perlu
membayar mahal seperti memasang iklan di media, malahan kita bisa membuatnya dengan kreatifitas sendiri. Karena
kita bisa membuat sendiri blog kita, jadi kita bisa menentukan sendiri konten
dan tujuan dari isi blog kita. Apakah kita ingin menarik orang baru untuk
mengenal suatu bisinis atau mengajak orang baru tersebut untuk menjadi customer
kita. Kita juga bisa mendesain sendiri sifat isi dari blog kita apakah untuk
mendidik seseorang atau hanya sekedar menghiburnya.
Menurut kami jenis blog yang
dapat berperan cukup besar sebagai penyumbang konten marketing adalah jenis
review blog. Apa itu review blog? Ialah blog yang berisi tentang meninjau kualitas dan nilai dari suatu barang. Mengapa review blog? Karena review
blog bertujuan untuk memberikan suatu informasi kepada pembacanya tanpa ada embel-embel marketing di dalamnya.
Review blog cenderung netral dalam menilai suatu barang yang di review, karena
biasanya dalam review blog berisi opini pribadi si penulis tanpa berafiliasi
dengan brand atau merk apapun. Karena berisi opini pribadi
penulis maka sangat memungkinkan isinya tidak hanya dari kelebihan produk,
namun juga ada kekurangan yang di tunjukkan dalam tulisannya, maka blog akan
mencerdaskan pembacanya.
Namun ada sedikit masalah yang
timbul jika menjadikan blog sebagai konten marketing dari suatu brand ataupun
produk. Hal yang perlu di pikirkan ialah “Bagaimana agar mendapatkan banyak
pembaca di tengah masyarakat yang krisis membaca?”. Kebanyakan dari masyarakat
kita biasa menggunakan teknologi internet hanya untuk sekedar bersosial media. Oleh
karena itu di butuhkan strategi tersendiri untuk marketing blog anda. Jadi terlihat
rumit memang, “ada marketing dalam marketing, semacam ada langit diatas langit”.
Namun hal ini diperlukan agar anda mendapatkan banyak pembaca pada blog anda. Banyak hal
yang dapat di lakukan agar anda mendapatkan banyak pembaca. Salah satunya,
karena masyarakat saat ini senang sekali untuk bersosial media maka anda bisa
saja share link blog anda pada sosial
media anda. Dengan begitu tidak menutup kemungkinan akan ada beberapa calon
pembaca yang akan mengunjungi blog anda.
Jadi kesimpulannya, sejauh mana
blog dapat menjadi penyumbang konten marketing? Blog bisa saja menjadi alternatif konten
marketing di tengah masyarakat yang bosan dan jenuh akan iklan dan promosi.
Namun, blog juga memerlukan marketing tersendiri agar
mendapatkan banyak pembaca, tentunya hal ini tidak akan menjadi
masalah bagi blog yang sudah terkenal sehingga tak lagi memerlukan marketing
untuk blog tersebut.
Semoga apa yang telah kami tulis
bermanfaat bagi anda semua yang membutuhkan. Dan doakan agar tulisan kami kali
ini menang dalam indosat blog competition. Tentunya kami akan merasa sangat
senang jika anda mau share blog kami
ke teman teman anda J.
Mohon maaf jika ada kesalahan dalam segala hal. Sekian terima kasih!
semoga sukses dan berhasil lombanya ya gan ^_^
ReplyDeleteAmin yaa Rabb... hehe ikutan jg mba?
Delete