Blog untuk konten marketing? Bisa saja, Tapi...


Bukan rahasia umum lagi jika hampir setiap orang di dunia saat ini selalu terhubung dengan jaringan internet. Hampir seluruh aktivitas manusia saat ini dapat dilakukan di dunia maya. Mulai dari berbelanja bulanan sampai ngomongin orang yang biasanya dilakukan di pos ronda.

           

Ini juga tak lepas oleh perkembangan teknologi pada bidang smartphone yang semakin berkembang pesat. Kini pun sudah tak sulit lagi untuk membeli suatu smartphone, sudah banyak cara untuk membelinya mulai dari  dengan membayar sekali alias tunai, sampai membayar 12 kali sampai bela-belain ngga makan nasi.  Tak pandang brand asal bisa keliatan keren.

Perkembangan teknologi yang pesat memang mempermudah akses manusia untuk berinternetria. Namun segala kemudahan dan kemajuan zaman ini akan sangat terasa amat mubadzir jika tidak dimanfaatkan dengan baik. Oleh karena itu pada postingan kali ini kami akan membahas salah satu manfaat dari blog, yaitu peranan blog sebagai penyumbang konten marketing.

Sebelumnya perlu anda ketahui terlebih dahulu apa yang di maksud dengan konten marketing. Konten marketing adalah strategi pemasaran yang di dalamnya terdapat cara bagaimana kita untuk merencanakan, membuat, mendistribusikan sesuatu agar dapat menarik seseorang yang tepat sasaran dan kemudian mendorong orang tersebut untuk menjadi customer.



Sebenarnya blog dapat dijadikan sebagai alternatif konten marketing. Karena iklan dan promosi sudah terlalu mainstream, cenderung mengganggu, dan tidak bermanfaat. Bagaimana tidak? Misalnya kita sedang asyik-asyiknya menonton video di youtube tiba-tiba iklan datang dan mengganggu aktifitas kita, atau misalnya saat kita sedang asyik asyik browsing atau blogging tiba-tiba muncul pop up window yang berisikan iklan yang menutupi sebagian atau bahkan seluruh konten yang sedang kita baca, mengganggu bukan? Bukan hanya mengganggu namun juga merugikan, karena iklan-iklan yang kita akses bukannya tanpa biaya. Semua itu menyedot kuota internet apabila anda menggunakan provider internet yang berkuota. Selain itu blog juga tak perlu membayar mahal seperti memasang iklan di media, malahan kita bisa membuatnya dengan kreatifitas sendiri. Karena kita bisa membuat sendiri blog kita, jadi kita bisa menentukan sendiri konten dan tujuan dari isi blog kita. Apakah kita ingin menarik orang baru untuk mengenal suatu bisinis atau mengajak orang baru tersebut untuk menjadi customer kita. Kita juga bisa mendesain sendiri sifat isi dari blog kita apakah untuk mendidik seseorang atau hanya sekedar menghiburnya.



Menurut kami jenis blog yang dapat berperan cukup besar sebagai penyumbang konten marketing adalah jenis review blog. Apa itu review blog? Ialah blog yang berisi tentang  meninjau kualitas dan nilai dari suatu barang. Mengapa review blog? Karena review blog bertujuan untuk memberikan suatu informasi kepada pembacanya tanpa ada embel-embel marketing di dalamnya. Review blog cenderung netral dalam menilai suatu barang yang di review, karena biasanya dalam review blog berisi opini pribadi si penulis tanpa berafiliasi dengan brand atau merk apapun. Karena berisi opini pribadi penulis maka sangat memungkinkan isinya tidak hanya dari kelebihan produk, namun juga ada kekurangan yang di tunjukkan dalam tulisannya, maka blog akan mencerdaskan pembacanya.

Namun ada sedikit masalah yang timbul jika menjadikan blog sebagai konten marketing dari suatu brand ataupun produk. Hal yang perlu di pikirkan ialah “Bagaimana agar mendapatkan banyak pembaca di tengah masyarakat yang krisis membaca?”. Kebanyakan dari masyarakat kita biasa menggunakan teknologi internet hanya untuk sekedar bersosial media. Oleh karena itu di butuhkan strategi tersendiri untuk marketing blog anda. Jadi terlihat rumit memang, “ada marketing dalam marketing, semacam ada langit diatas langit”. Namun hal ini diperlukan agar anda mendapatkan banyak pembaca pada blog anda. Banyak hal yang dapat di lakukan agar anda mendapatkan banyak pembaca. Salah satunya, karena masyarakat saat ini senang sekali untuk bersosial media maka anda bisa saja share link blog anda pada sosial media anda. Dengan begitu tidak menutup kemungkinan akan ada beberapa calon pembaca yang akan mengunjungi blog anda.

Jadi kesimpulannya, sejauh mana blog dapat menjadi penyumbang konten marketing? Blog bisa saja menjadi alternatif konten marketing di tengah masyarakat yang bosan dan jenuh akan iklan dan promosi. Namun, blog juga memerlukan marketing tersendiri agar  mendapatkan banyak pembaca, tentunya hal ini tidak akan menjadi masalah bagi blog yang sudah terkenal sehingga tak lagi memerlukan marketing untuk blog tersebut.

Semoga apa yang telah kami tulis bermanfaat bagi anda semua yang membutuhkan. Dan doakan agar tulisan kami kali ini menang dalam indosat blog competition. Tentunya kami akan merasa sangat senang jika anda mau share blog kami ke teman teman anda J. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam segala hal. Sekian terima kasih!



Share on Google Plus

About Muhammad Zaid Dzulfikar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

2 comment: